HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Sabtu, 19 April 2014

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.198.202.148
Pengunjung : 29.415






Newsflash :
SELAMAT DAN SUKSES MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2014 UNTUK PESERTA DIDIK JENJANG SMA/K TARAKANITA, 14-16/4/14.             |             SD TARAKANITA GADING SERPONG SELENGGARAKAN FESTIVAL BUDAYA "INDAHNYA BALIKU" 12/4/14.             |             SMA TARAKANITA GADING SERPONG SELENGGARAKAN PELAJARAN LUAR SEKOLAH TERPADU KE LIPI CIBINONG, KEBUN RAYA BOGOR, DAN MUSEUM ZOOLOGICUM BOGORIENSE.             |             KELUARGA BESAR YAYASAN TARAKANITA WILAYAH LAHAT PERINGATI PESTA PELINDUNG ST. YOSEF 17-19 MARET 2014 DENGAN SPORT & EDUGAME SERTA EKARISTI SYUKUR.             |             SD TARAKANITA BUMIJO GELAR "TARAKANITA IN ACTION 2014" DENGAN TEMA "KREATIF, PEDULI, DAN RELA BERBAGI" TAMPILKAN PENSI KARYA SISWA DAN GURU, PEDULI LINGKUNGAN DAN BUDAYA LOKAL, SERTA BAKTI SOSIAL             |             HENDRA-HENDRI, ELISABETH, PUTRI SION SINAGA, SHINDY CHRISMONICA DARI SMA ST. CAROLUS RAIH PRESTASI LOMBA FESTIVAL BAND DAN SOLOSONG CYBER MUSIC SCHOOL PROPINSI BENGKULU 2014.             |             SD ST. YOSEF LAHAT RAIH JUARA PERTAMA LOMBA REDUCE-REUSE-RECYCLE TINGKAT PROPINSI SUMATERA SELATAN.             |             SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA RAYAKAN LUSTRUM V DENGAN PELATIHAN, OLAH RAGA, LOMBA SENI, CERAMAH KESEHATAN, BASAR, PAMERAN PENDIDIKAN, BAKTI SOSIAL DAN ORKESTRA, JANUARI-SEPTEMBER 2014.             |             PADUAN SUARA SD TARAKANITA BUMIJO RAIH JUARA PERTAMA STERO INTALENT EDUCATION RECITAL.             |             SELAMAT TAHUN BARU 2014, SEMOGA KEGEMBIRAAN DAN SEMANGAT BARU MENJADI KEKUATAN DALAM MENJALANI HIDUP DAN KARYA SEPANJANG TAHUN.

Berita Kegiatan :



Masa Orientasi Peserta Didik Baru 2013-2014

Selasa; 23 July 2013 [Agus Supriyanto, SMP TARAKANITA 5 JAKARTA] - Berita Umum

Kegiatan MOPDB dimulai dengan persiapan MOPDB, yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 13 Juli 2013. Pagi itu, banyak peserta didik baru yang berdatangan, dan banyak juga peserta didik lama yang berdatangan untuk melihat pembagian kelas. Peserta didik baru segera melihat pembagian kelompok untuk MOPDB yang dipajang di dekat gerbang sekolah. Setelah mereka melihat pembagian kelompok, sekitar pukul 07.00 WIB mereka diminta untuk masuk ke aula.

            Di aula, mereka disambut oleh Bu Siwi, selaku ketua MOPDB tahun ajaran 2013-2014. Mereka juga diperkenalkan kepada kakak-kakak OSIS yang akan membimbing mereka selama MOPDB. Acara pun dilanjutkan oleh Pak Didik. Pak Didik memberi informasi kepada peserta MOPDB tentang apa saja yang harus dibawa untuk kegiatan MOPDB.  Peserta pun segera mencatatnya.

Setelah mendapat pengarahan dari Bu Siwi dan Pak Didik, peserta diminta untuk naik ke kelas bersama dengan kakak-kakak OSIS, untuk berlatih lagu Mars SMP Tarakanita 5, Cc 5, serta yel-yel angkatan mereka. Kakak-kakak pendamping dari OSIS yang berjumlahkan 22 orang, dibagi menjadi 4 kelompok. Di kelas, kami membimbing peserta MOPDB untuk bernyanyi, kakak-kakak pendamping juga didampingi oleh seorang guru pendamping di tiap-tiap kelas.

Acara selesai pukul 10.00, peserta MOPDB segera pulang. Namun, kami panitia MOPDB masih harus melakukan evaluasi sampai dengan pukul 14.00 WIB.

 

HARI PERTAMA

 

Pada hari pertama, Senin, 15 Juli 2013, seluruh peserta MOPDB datang ke aula SMP Tarakanita 5. Mereka sudah membawa alat-alat yang sudah diinformasikan sebelumnya. Kemudian mereka membuat tanda peserta serta perkenalan peserta di lapangan. Sementara itu, kakak-kakak OSIS tidak mendampingi, karena harus bertemu dengan wali kelas masing-masing. Setelah jam perwalian selesai, barulah kami turun untuk mendampingi peserta MOPDB.

Kegiatan selanjutnya adalah upacara pembukaan MOPDB tahun ajaran 2013/2014 dan yang bertugas adalah kelompok Celebration. Pada upacara ini kepala sekolah secara resmi membuka kegiatan MOPDB tahun ajaran 2013-2014. Kepala sekolah juga menyematkan tanda peserta secara simbolis  kepada perwakilan dari peserta MOPDB. Setelah upacara selesai, peserta kembali memasuki aula. Mereka diberi materi tentang visi misi SMP Tarakanita 5 yang didampingi oleh Ibu Titin selaku kepala sekolah. Di kegiatan ini, kami dari OSIS diminta bantuan untuk memimpin lagu Cc 5 kemudian mereka diberi materi tentang komitmen awal.

Setelah itu, keempat kelompok dibagi menjadi 2, yaitu kelompok Celebration dan Conviction melakukan kegiatan Wawasan Wiyata Mandala di aula bersama Bu Ida, dan dilanjutkan oleh kakak-kakak OSIS. Dalam kegiatan ini, peserta diajak untuk berkeliling sekolah, agar mereka mengenal lingkungan sekolah barunya.

Sedangkan kelompok Competence dan Community mengikuti kegiatan Peraturan Baris- Berbaris (PBB) yang dibina oleh Pak Didik. Pada pukul 10.00 WIB mereka semua istirahat selama 15 menit, yaitu sampai dengan pukul 10.15 WIB. Kegiatan dilanjutkan dengan KPKC, dan dilanjutkan dengan kurikulum SMP Tarakanita 5. Pada materi ini, peserta dibimbing oleh Ibu Wien, selaku wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Lalu mereka istirahat untuk makan siang selama 20 menit.

Setelah istirahat, mereka diberi materi sopan santun yang disampaikan oleh Ibu Siwi dan Ibu Dian. Selain itu, kakak-kakak dari OSIS juga menampilkan sebuah drama yang mencerminkan tentang tata krama yang seharusnya dilaksanakan oleh setiap peserta didik di Tarlim. Setelah drama, Bu Siwi mencoba membahasnya dengan peserta MOPDB.

Kegiatan selanjutnya adalah latihan Mars Tarakanita dan pensi. Peserta diajak naik ke kelas, dan berlatih bersama dengan kakak-kakak OSIS. Sekitar pukul 14.00 WIB. peserta MOPDB pulang.

 

HARI KEDUA

 

Keesokan harinya (hari ke-2), peserta MOPDB kembali mengikuti kegiatan MOPDB yang diawali dengan upacara. Kali ini yang bertugas adalah kelompok Conviction. Setelah upacara, peserta membuat tanda peserta hari ke-2. Acara dilanjutkan dengan refleksi dan evaluasi.

Tibalah saat kakak-kakak kelas 8 berkenalan dengan peserta didik baru, yaitu dengan meminta tanda tangan peserta didik baru. Namun sebelumnya, angkatan kelas 8 diminta untuk menyanyikan yel-yel angkatan mereka dan Cc 5. Begitu pula peserta MOPDB, mereka diminta menyanyikan yel-yel angkatan mereka, serta Cc 5. Setelah itu barulah kakak-kakak kelas 8 meminta tanda tangan peserta MOPDB.

Setelah dimintai tanda tangan, mereka kembali dibagi menjadi 2 kelompok. Kali ini giliran kelompok Celebration dan Conviction yang mengikuti PBB, sedangkan kelompok Competence dan Community mengikuti kegiatan Wawasan Wiyata Mandala. Selanjutnya, mereka beristirahat selama 20 menit.

Kegiatan dilanjutkan pada pukul 10.20 WIB. Peserta diberi materi tentang cara belajar yang baik dan efisien, yang disampaikan oleh Pak Anggiat. Setelah itu, mereka dibawa ke lapangan, untuk bermain 4 macampermainan yang telah disiapkan oleh kakak-kakak OSIS. Permainan itu antara lain adalah Blind Trap, Estafet Air, Tebak Gaya, dan, Tangkap Bola. Peserta bermain dengan semangat, walaupun cuaca saat itu cukup terik. Permainan berakhir sekitar pukul 12.25 WIB., peserta pun kembali memasuki aula untuk istirahat dan makan siang. Setelah istirahat, peserta naik ke kelas bersama dengan kakak-kakak OSIS untuk berlatih Mars SMP Tarakanita 5 dan pensi. Kegiatan hari itu berakhir pukul 14.00, peserta pun segera pulang.

 

HARI KETIGA

 

Di hari ketiga, seperti biasa kegiatan dimulai dengan upacara, dan kali ini yang bertugas adalah kelompok Competence. Kegiatan selanjutnya adalah pembuatan tanda peserta hari ketiga yang dilaksanakan di lapangan. Setelah itu Pak Didik memberikan refleksi dan evaluasi kepada peserta MOPDB.

Acara dilanjutkan dengan perkenalan kakak-kakak kelas 9 dengan peserta MOPDB, dengan cara meminta tanda tangan. Namun, sama halnya dengan kelas 8, mereka harus menyanyikan yel-yel angkatan mereka dan Cc 5. Begitu pula dengan peserta MOPDB. Setelah itu, barulah kakak-kakak kelas 9 meminta tanda tangan peserta MOPDB.

Kegiatan selanjutnya adalah pentas seni. Masing-masing kelompok sudah mempersiapkan diri untuk pentas ini selama 2 hari, tentunya dengan penampilan yang berbeda-beda. Di pensi ini, yang menonton adalah seluruh komunitas sekolah, dan dinilai oleh 3 orang juri, yaitu Bu Maria, Pak Nico, dan Bu Aster.

Kelompok yang pertama tampil adalah kelompok Community, dilanjutkan dengan Competence, Conviction, dan yang terakhir adalah Celebration. Semua kelompok berusaha menampilkan yang terbaik, namun hanya satu kelompok yang akan menjadi pemenang. Setelah semua kelompok selesai menampilkan penampilannya, angkatan kelas 8 dan 9 kembali diminta menyanyikan yel-yel angkatannya masing-masing, sembari menunggu hasil keputusan juri. Mereka pun bernyanyi dengan semangat.

Saat yang ditunggu pun tiba, juri telah memutuskan hasilnya. Kak Putri sebagai MC mengumumkan hasilnya, dan yang menjadi juara adalah kelompok Celebration. Semua bertepuk tangan dan ada yang bersorak-sorai karena kelompoknya menang. Sesudah pensi selesai, peserta diberi waktu untuk istirahat dan makan siang selama 40 menit.

Waktu istirahat berakhir, peserta kembali diberi materi. Kali ini materi yang disampaikan adalah tentang Tata Tertib, yang disampaikan oleh Bu Hermin, selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan. Acara pun dilanjutkan dengan perkenalan karyawan edukatif dan non edukatif. Acara ini dibimbing oleh Ibu Wien, sebagai wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Acara pun diakhiri dengan upacara penutupan yang dilaksanakan di aula SMP Tarakanita 5. Pada upacara ini, Ibu Siwi menyampaikan laporan MOPDB, dan Ibu Titin selaku Kepala SMP Tarakanita 5 dengan resmi menutup kegiatan MOPDB tahun ajaran 2013/2014. Kami semua menyanyikan Mars SMP Tarakanita 5. Demikianlah cerita tentang MOPDB di SMP Tarakanita 5 tahun ajaran 2013/2014.


Tampilan unik video mopdb tarlim 2013-2014

http://youtu.be/oPZMocbkzoE

http://youtu.be/_JYo-bkJCvM







Berita Lainnya :